Jumat, 10 Mei 2013

EPISODE 39: SYEIKH YUSUF AL - MAKASSARI



Islam memang lahir di negeri Arab, melalui seorang Nabi berkebangsaan Arab, dan Al - Qur'an yang berbahasa Arab. tetapi Islam tidak 'Sama Dengan' Arab. Islam adalah Agama dengan Pondasi yang sudah terpatenkan, bukan hasil dari perkembangan budaya Arab.
Jangan merasa congkak hanya karena anda keturunan arab, dan jangan pula merasa minder hanya karena anda bukan keturunan arab, karena kita punya kesempatan yang sama untuk melakukan yang terbaik sebagai Hamba Allah. Berlomba - lombalah di dalam kebaikan!

" DAKWAH TIADA HENTI !!! "

* SUAMI OTAK KIRI

>> Era Penjajahan Belanda, sebelum indonesia merdeka

( Menyerah kepada Belanda )

* SUAMI OTAK KANAN

>>> SYEIKH YUSUF AL - MAKASSARI <<<
(Ulama Indonesia yang Mendunia)

Kerajaan Gowa, Sulawesi (Indonesia)

Yusuf yang keturunan Raja Gowa pun merantau untuk mencari ilmu Agama di negeri Orang, umumnya di Timur tengah. sepulangnya dari perantauan, beliau memilih menetap di tempat sahabatnya semasa remaja yang kini telah menjadi seorang Raja bergelar Sultan Ageng Tirtayasa, Kesultanan Islam Banten. Beliau pun diangkat menjadi Penasihat Spiritual.

>> Era Penjajahan Belanda, sebelum indonesia merdeka

Syekh: Jihad lebih baik daripada menyerah wahai sultan kami!
Sultan: (setuju)

Sultan dan SYEIKH pun Membentuk Prajurit tangguh yang dibina pula oleh Syeikh, yang kelak kita kenal dengan istilah "Pendekar Banten".

>> Pertempuran Pun Berlangsung...

Sultan: (Kalah dan tertangkap, dikurung di Batavia hingga Wafat sebagai tawanan Belanda (penjaranya di bawah tanah yang sekarang menjadi museum Kota tua))

Mudah - mudahan Allah meridhoi Sultan Ageng Tirtayasa...

SYEIKH: (Maju terus...mengobarkan Perang Gerilya sampai ke Tasikmalaya)

SYEIKH pun tertangkap. ditahan di Cirebon dan dipindahkan ke batavia. Pada tahun 1684 M, karena dianggap berbahaya, SYEIKH dan para pengikutnya pun dibuang ke Sri Lanka. Belanda pun merasa tenang...

>> Kira2 10 tahun kemudian

Pengawal: Tuan, pemberontakan mulai gencar kembali!
VOC: Apa??? darimana asal Para pemberontak itu?

Pengawal: Sri Lanka!
VOC: (Kaget) Hah??? bagaimana mungkin?! apa urusan Sri Lanka dengan kita? siapa Dalang di balik itu semua???

pengawal: SYEIKH Yusuf!
VOC: (Kaget + bingung) Bagaimana Bisa?! bukankah dia sudah terasing disana?! (berpikir keras) Tangkap mereka dan Buang Ke Afrika Selatan! pastikan mereka terasing dan mati dengan sendirinya!

Dalam usia 68 tahun, Syeikh Yusuf al-Makassari beserta rombongan pengikutnya terdiri dari 49 orang tiba di Tanjung Harapan, tanggal 2 April 1694 dengan menumpang kapal Voetboog. Belanda lagi - lagi salah perhitungan. Di Afrika Selatan, Syeikh Yusuf al-Makassari tetap berdakwah, bahkan memiliki banyak pengikut Sampai beliau wafat pada tanggal 23 Mei 1699 M.

>> Afrika Selatan, Tahun 1994 M

tercatat sebagai pejuang kemanusiaan oleh Nelson Mandella (Presiden Afrika Selatan)

>> Indonesia, Tahun 1995 M

Tercatat sebagai pahlawan Nasional dan pejuang kemerdekaan oleh Soeharto (Presiden RI)

Atas Izin Allah, Syeikh Yusuf al-Makassari tidak terbunuh dalam peperangan atau senapan belanda. Entah apa yang membuat belanda berpikir untuk membuang beliau, bukannya membunuhnya. Allahlah Yang Maha Tahu dan Dialah Sebaik - baik penjamin. melalui beliau, Islam mulai berkembang di Sri lanka sampai Afrika Selatan. Beliau adalah peletak dasar kehadiran komunitas Muslim di Caylon dan Afrika Selatan. Malah beliau dianggap sebagai bapak pada beberapa kumpulan masyarakat Islam di Afrika Selatan yang berjuang mewujudkan persatuan dan kesatuan untuk menentang penindasan dan paham adanya perbedaan kulit dan etnis. Mudah2an Allah Meridhoinya...Syeikh Yusuf al-Makassari

Tidak ada komentar:

Posting Komentar