Jumat, 10 Mei 2013

"SuAmI OtAk Kiri dan SuAmi Otak KAnan - Episode 36"










TERNYATA MASIH ADA KELUARGA YANG 'RASSIS'?


* KELUARGA SUAMI OTAK KIRI

Mamih: (Kecewa) Kamu faham gak? kenapa di Nama kamu itu ada 'sultannya?' krn kita itu keturunan kerajaan! keluarga bangsawan juga! jadi, layaknya kamu menikah sama wanita yang sederajat dengan kita!

Anak: (heran) Astagfirullah, Mih...Islam sudah bersatu, Indonesia sudah merdeka, kok masih saja kita membeda2kan berdasarkan derajat dan Ras?

Mamih: ini soal pengalaman mamih dan menjaga garis keturunan bangsawan kita juga! mamih gak mau repot sama tingkah suku2 lain! memangnya dia dari suku mana?

Anak: suku ****

mamih: (jijik) AADUHH, kamu masa gak kasihan sama mamih? mana bisa keluarga kita berbarengan sama suku yang gak punya Etika seperti mereka? belum lagi klo kita harus berkunjung ke kampung halamannya, tinggal dan makan bersama?! bisa2 mamihmu ini sakit2an! berpikir panjang dong ah...

Anak: (tercengang) Astagfirullah, mamih ini korban TV dan kabar burung yah, jangan kolot gitu dong mih, zaman kan sudah berubah, dia pun kuliah kok, keislamannya bagus, kerudungnya aja sampe lutut?!

mamih: (geleng2) ADUHH 3x...mamih paling gak bisa deh lihat perempuan2 'Fanatik gitu?' klo kerudungnya aja sepanjang itu pasti orangnya fanatik! yang ada kamu nanti disuruh BOM bunuh diri!!

Anak: (Tepok Jidad) ini nih akibatnya klo mamih gak terbuka dan kurang pergaulan sama suku lain, jadi nganggep suku lain tidak lebih baik dari kita! lihat tuh sodara2 kita yg nikah sesama suku, ternyata banyak juga yang berantakan kan?!

mamih: kamu jangan lihat yang berantakan dong, lihat yang bagus2nya!

Anak: (nyengir) Hehe...klo gitu mamih juga jangan lihat suku lain dari sisi negatifnya aja, banyak kok yang menikah lintas suku dan sukses?

Mamih: (tegas) Iya, tapi mamih maunya kamu nikah sama suku kita!

Anak: (senyum kesemek) Mamih, klo memang ketidaksukaan mamih terhadap calon kakak karena faktor Akhlaq dan Aqidah, kakak bisa terima. tapi klo soal Nasab / Suku / Ekonomi, bukankah di Akhirat sana kita dibangkitkan berdasarkan amalnya masing2? bukan suku / nasab?

Mamih: (cuek) terserah kamu! semakin pinter, makin jago berdalih!

Anak: (tepok jidad + menghampir papih yang sejak tadi baca koran + menguping) Pih, sebagai suami, papih kan seharusnya bisa memberikan pengertian bahkan mengarahkan kecondongan mamih?

papih: (gugup) Hmm...lebih baik kamu ikutin maunya mamih deh biar gak repot yah? (Karena papih juga korban perjodohan secara paksa ............)

Anak: (tepok jidad)

* KELUARGA SUAMI OTAK KANAN

>> Rapat Keluarga

Ayah: Wahai anak2ku, tahukah kalian, ada berapa suku dan bangsa di dunia ini?!

Anak2: Banyak sekali???

Ayah: (senyum sembako) adalah suatu kebanggan bagi ayah dan mamah apabila kalian menikah dengan suku2 lain,

anak 1: (heran) lho, ayah, tapi kan gak semua suku lain itu baik?

ayah : (senyum sembako) maka perbaikilah dari keluargamu yang engkau nikahi dari suku itu!

anak 2: (bingung) bukankah terlalu banyak perbedaan akan menimbulkan konflik?

ayah: (senyum sembako) KENALilah mereka. perbedaaan itu seindah pelangi, warna - warninya mencolok di angkasa dan membuat semua orang kagum melihatnya. maka, bangunlah perbedaan seindah pelangi! yang harmonis penuh cinta!

anak 3: tapi ayah, bukankah terlalu beresiko karena kita akan memakan biaya besar?

ayah: klo diniatkan dalam rangka dakwah atau mengamalkan Qur'an dan Sunnah Rosulullah, Allah akan menjaminnya! bahkan Allah akan membalasnya melalui karuniaNya dari berbagai arah!

Anak: (penasaran) Apa motivasi ayah atas anjuran ini?

Ayah: (senyum sembako) RAHMATAN LIL 'ALAMIIN (Menebarkan Kasih sayang bagi seluruh alam). islam itu agama dengan VISI universal. maka seharusnya ummat islam berpikir dan bertindak secara universal! kita itu satu di dalam satu persaudaran; ISLAM. yang membedakan kita hanya Ketaqwaan. yang mengikat kita adalah silaturrahiim. maka bangunlah silaturrahiim seluas - luasnya! kita bangun keluarga yang mendunia! bayangkan, kita punya keluarga di sumatera, jawa, sulawesi, maluku, NTT+NTB, Bali, irian, bahkan di luar negri?! Bukankah itu seindah pelangi?

Anak2: (nyengir + saling memandang) Allahu Akbar!!!

Allah Subhanahu WaTa'ala Berfirman:

"Sesungguhnya orang-orang mukmin adalah bersaudara karena itu damaikanlah antara kedua saudaramu dan bertakwalah kepada Allah supaya kamu mendapat rahmat."(Q.s Al hujuraat: 10)

"Hai manusia, sesungguhnya Kami menciptakan kamu dari seorang laki-laki dan seorang perempuan, dan menjadikan berbangsa-bangsa, dan bersuku-suku supaya kamu saling kenal mengenal. Sesungguhnya orng yg paling mulia di antaramu disisi Allah ialah orng yg paling bertakwa. Sesungguhnya Allah Maha mengetahui lagi Maha mengenal."(Q.S al hujuraat: 13)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar